Senin, 25 Mei 2020

Cara mengetahui seseorang berbohong atau tidak

Dibohongi itu menyakitkan gaes. Makanya jangan mau dibohongi.

Ketahui di Sini, Tanda-Tanda Orang Berbohong - Lifestyle Liputan6.comBohong adalah pernyataan yang salah dibuat oleh seseorang dengan tujuan pendengar percaya. Orang yang berbicara bohong dan terutama orang yang mempunyai kebiasaan berbohong disebut pembohong. Garis antara kebohongan dan kebenaran sangatlah tipis. Wikipedia



Sebetulnya ada cara untuk mengetahui lawan bicara kita berkata benar atau bohong. Orang berbohong bisa dideteksi lewat bahasa tubuhnya. Berikut cara mengetahui seseorang berbohong atau tidak.


1. Bahasa Mata
Seseorang akan melakukan segala cara untuk menghindari kontak mata dengan Anda. Secara tidak sadar dia akan merasa bahwa Anda mampu mengetahui kebohongan itu lewat matanya. Sebagai gantinya, dia akan menunduk atau mungkin pandangan matanya akan berpindah-pindah kesana kemari secara cepat.

2. Tubuh Tak Pernah Berbohong
Tangan dan lengan merupakan indikator kebohongan yang baik. Ketika seseorang berbohong kepada Anda, dia cenderung kurang ekspresif dengan tangan dan lengannya. Dia mungkin meletakan tangannya di pangkuannya ketika sedang duduk atau meletakan di samping badannya jika berdiri; dia mungkin memasukan tangannya di sakunya atau mengepalkannya. Pada saat dia duduk dan menyilangkan kaki dengan posisi tangan mendekati badan, ini mengidikasikan bahwa dia sedang menyembunyikan sesuatu dari Anda. Gerakan kaku seperti mesin dan cenderung dibuat-buat, mengindikasikan bahwa dia hanya berpura-pura.


3. Menutup-nutupi Tanpa Sadar
Ketika seseorang tanpa sadar menutupi mulutnya ketika sedang berbicara, ini jelas menandakan bahwa dia tidak yakin dengan apa yang diucapkannya. Ini merupakan suatu usaha bawah sadar untuk menyembunyikan kata-katanya. Jika seseorang sedang mendengarkan perkataan Anda sambil dia menutup atau menyentuh wajahnya, itu mengungkapkan bahwa dia tidak ingin mendengarkan perkataan Anda. Menyentuh hidung dan menggaruk-garuk bagian belakang atau samping telinga dan menggosok mata (bukan karena gatal) dapat dianggap sebagi tanda kebohongan.


4. Mengangkat Bahu Sedikit
Mengangkat bahu adalah gerak tubuh yang biasanya menandakan ketidaktahuan atau ketidakacuhan. Akan tetapi, jika gerak tubuh ini berlalu dengan cepat ini merupakan pertanda bahwa dia tidak terlalu serius atau santai saja dalam jawabannya, meskipun sebenarnya tidak demikian. Situasi ini mirip dengan seseorang yang merasa malu ketika mendengarkan sebuah lelucon, tetapi ingin berpura-pura bahwa dia menganggap itu lucu. Apa yang Anda lihat hanyalah senyum di bibir saja, bukan senyum lebar yang terpancar dari seluruh wajahnya.


Sumber: webgaul.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar