- Pengertian
Komunikasi
Komunikasi, sebagai suatu proses dengan mana orang-orang bermaksud memberikan pengertian-pengertian melalui pengiringan
berita
secara simbolis, dapat menghubungkan para anggota berbag~ satuan
organisasi yang berbeda dan bidang yang
berbeda pula, sehingga sering disebut rantai pertukaran informasi.
gambar dari maxmanroe.com |
Konsep ini
mempunyai unsur-unsur :
1.
Suatu kegiatan
untuk membuat seseorang mengerti,
2.
Suatu sarana pengaliran informasi dan
3.
Suatu sistem
bagi terjalinnya komunikasi di antara individu-individu.
Stoner,
Freeman, dan Gilbert (1995) mendefinisikan komunikasi sebagai the process by which people attempt to share
meaning via the transmission of symbolic
messages. Komunikasi
adalah proses di mana seseorang berusaha untuk memberikan pengertian atau pesan kepada orang lain melalui pesan
simbolis. Komunikasi bisa dilakukan secara langsung
maupun tidak langsung, dengan menggunakan berbagai media komunikasi yang tersedia.
- Model Komunikasi Antar
Pribadi
Model proses komunikasi yang paling sederhana adalah sebagai berikut :
Pengirim →→ Berita →→ Penerima
Model ini menunjukkan 3 (tiga) unsur esensi komunikasi. Bila salah satu unsur hilang, komunikasi tidak dapat berlangsung.
Meskipun modelnya sederhana, proses komunikasi adalah
kompleks. Sebagai satu gambaran
kompleksnya proses komunikasi adalah "telephone", di mana pengirim menyampaikan
suatu berita, tetapi penerima mungkin mendengar atau menerima berita
bukan yang dimaksudkan pengirim.
- Saluran Komunikasi Dalam Organisasi
Pemahaman yang lebih baik tentang komunikasi organisasi dapat
diperoleh dengan mempelajari arah-arah dasar gerakannya yang tampak dengan terbentuknya saluran-saluran
komunikasi. Saluransaluran komunikasi formal ditentukan oleh struktur organisasi atau ditunjukkan oleh berbagai sarana formal lainnya, tipe saluran-saluran dasar komunikasi adalah vertikal, lateral dan diagonal.
Komunikasi Vertikal
Komunikasi vertikal terdiri atas komunikasi ke atas dan ke bawah sesuai rantai perintah. Komunikasi
ke bawah (downward communication) dimulai dari manajemen puncak kemudian
mengalir ke bawah melalui tingkatan-tingkatan manajemen sampai ke karyawan lini
dan personalia paling bawah.
Maksud utama komunikasi ke bawah adalah untuk memberi pengarahan, informasi,
instruksi, nasehat/saran dan penilaian kepada bawahan serta memberikan
informasi kepada para anggota organisasi tentang tujuan dan kebijaksanaan
organisasi.
Komunikasi Lateral atau Horizontal
Komunikasi lateral atau horizontal meliputi hal-hal berikut ini :
1. Komunikasi di antara para anggota dalam kelompok kerja
yang sama.
2.
Komunikasi yang
terjadi antara dan di antara departemen-departemen pada tingkatan organisasi yang sama.
Komunikasi Diagonal
Komunikasi diagonal merupakan komunikasi yang memotong secara
menyilang diagonal rantai perintah organisasi. Hal ini sering terjadi sebagai hasil hubungan-hubungan departemen
lini dan staf.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar