Selasa, 13 Oktober 2020

Cara Mudah Mengetahui Nilai Koefisien Determinasi (R²)

Koefisien Determinasi atau R Square (R²) Bertujuan untuk mengetahui berapa persen pengaruh yang diberikan variable X secara simultan terhadap Y.

Koefisien Determinasi mencerminkan seberapa besar kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikatnya.

Koefisien Determinasi Mempunyai nilai antara 0 – 1 di mana nilai yang mendekati 1 berarti semakin tinggi kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan varians variabel terikatnya.

Persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat memaknai nilai R² adalah nilai F dalam uji regeresi linier berganda harus signifikan. Jika nilai F tidak signifikan maka Koefisien Determinasi tidak dapat digunakan untuk memprediksi kontribusi pengaruh variabel X terhadap Y secara simultan.

Contoh Makna R² Analisis Regresi Berganda dengan SPSS

Contoh ini sudah kita bahas pada artikel sebelumnya yaitu regresi linier berganda. Dalam artikel tersebut ingin diketahui apakah terdapat pengaruh antara disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja secara parsial atau sendiri-sendiri.

Judul : Pengaruh disiplin (X1) dan lingkungan kerja (X2) terhadap produktivitas kerja (Y)

Cara Input Data SPSS lihat di : Analisis Regresi Linear Berganda

Output SPSS:


Sebelum melihat makna R²  dalam regresi linier berganda maka dilihat terlebih dahulu apakah terdapat pengaruh secara simultan X1 dan X2 terhadap Y. Untuk melihat dengan Uji F dapat dilihat pada tabel berikut:


Berdasarkan tabel Anova diatas diketahui nilai Signifikansi (Sig.) 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan Disiplin (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) terhadap Produktivitas (Y). Dengan demikian telah memenuhi persyaratan untuk melihat nilai R Square (R²).

Selanjutnya melihat berapa persen (%) besar pengaruh simultan variabel Disiplin (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) terhadap Produktivitas (Y). Untuk mengetahui hal tersebut maka lihat pada Output SPSS tabel Model Summary berikut ini:

Berdasarkan tabel Model Summary diatas, diketahui bahwa nilai R Square sebesar 0,979. Nilai R Square ini berasal dari pengkuadratan dari nilai R (Koefisien Korelasi) yaitu 0,989 x 0,989 = 0,979. Dengan demikian maka besar angka Koefisien Determinasi adalah sebesar 0,979 atau 97%.  Maka artinya adalah besar pengaruh variabel Disiplin (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) terhadap Produktivitas (Y) adalah sebesar 97%. Sisanya yaitu (100% - 97%) 3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam regresi linier ini.

Besarnya nilai Koefisien Determinasi ini berkisar antara 0 – 1. Tetapi jika nilai R Square negatif, maka dapat dikatakan bahwa tidak ada pengaruh variabel X terhadap Y.

Semakin kecil nilai R Square maka pengaruhnya semakin lemah. Sebaliknya jika R Square mendekati angka 1, maka pengaruh tersebut semakan kuat.

Cara Uji F (Simultan) Regresi Linear Berganda

Tutorial Praktis Melakukan Uji t Analisis Regresi Linier Berganda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar