Jumat, 13 Desember 2019

MOTIVASI ; Model, Teori dan Persoalan Terbaru

Pada bagian sebelumnya sudah dibahas tentang definisi motivasi dan faktor yang mempengaruhi serta indikator motivasi. Kali ini akan dibahas tentang teori-teori motivasi, model serta persoalan terbaru dibidang motivasi. 

MODEL MOTIVASI BERDASARKAN KEMUNCULANNYA

1.Model Tradisional
Pandangan tradisional menganggap bahwa para pekerja pada dasarnya malas, dan hanya dapat dimotivasi dengan penghargaan berwujud uang
2.Model Hubungan Manusiawi
Model ini berpandangan bahwa kebosanan dan tugas-tugas yang bersifat pengulangan adalah faktor-faktor yang mengurangi motivasi. Cara untuk memotivasi bawahan adalah dengan memenuhi kebutuhan sosial mereka dan membuat merekan merasa berguna dan penting sehingga bawahan/karyawan diberi kebebasan untuk membuat keputusan sendiri dalam pekerjaannya.
3.Model Sumber Daya Manusia
Pandangan model ini adalah para karyawan dimotivasi oleh banyak faktor, tidak hanya uang atau keinginan untuk mencapai kepuasan, tetapi juga kebutuhan untuk berprestasi dan memperoleh pekerjan yang lebih berarti

TEORI -TEORI MOTIVASI

Teori-teori Awal tentang Motivasi
Teori Hierarki kebutuhan Maslow
Teori X dan Y Mc. Gregor
Teori Motivasi Dua Faktor Herzberg
Teori Kontemporer tentang Motivasi
Teori Tiga Kebutuhan
Teori Penentuan Sasaran
Teori Penguatan
Teori Kesetaraan /Keadilan
Teori Harapan

Teori Hierarki Kebutuhan Maslow

Teori X dan Y Mc.Gregor
  •         Teori ini terkenal dengan asumsinya tentang dua kelompok sifat manusia. Teori X menggambarkan pandangan negatif tentang orang sedangkan Teori Y menawarkan pandangan positif
  •         Teori X berasumsi bahwa para pekerja mempunyai sedikit ambisi untuk maju, tidak menyukai pekerjaan, ingin menghindari tanggung jawab dan perlu diawasi dengan ketat agar dapat bekerja efektif sedangkan Teori Y berasumsi bahwa para pekerja dapat berlatih mengarahkan diri, menerima dan secara nyata mencari tanggung jawab, dan menganggap bekerja sebagai kegiatan alami.
  •         McGregor yakin bahwa asumsi Teori Y adalah sifat pekerja yang sebenarnya
Teori Dua Faktor Herzberg
  •          Pandangan teori ini adalah manajer perlu memahami faktor-faktor apa yang digunakan untuk memotivasi para karyawan.
  •          Faktor-faktor pemeliharaan sebagai faktor negatif (ekstrinsik) dapat mengurangi dan menghilangkan ketidakpuasan kerja dan menghindarkan masalah, tetapi tidak dapat digunakan untuk memotivasi bawahan, sedangkan faktor-faktor positiflah (intrinsik) yang dapat memotivasi para karyawan untuk melaksanakan keinginan para manajer
  •         Faktor ekstrinsik seperti Gaji, keamanan kerja, kondisi kerja, status pekerjaan, prosedur perusahaan, hubungan kerja dll
  •         Faktor intrinsik seperti Prestasi, Penghargaan, tanggung jawab, pekerjaan kreatif dan menantang, kemajuan dan peningkatan
Teori Tiga Kebutuhan
David Mc Clelland dan pakar lainnya berpandangan bahwa ada tiga kebutuhan yang menjadi motif utama dalam pekerjaan yaitu:
  •          Kebutuhan akan pencapaian prestasi
         Yakni dorongan untuk unggul, untuk berprestasi menurut serangkaian                            standar,untuk berusaha keras supaya berhasil
  •          Kebutuhan akan kekuasaan
         Yakni kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku dengan cara yang                      sebenarnya tidak akan mereka lakukan jika tidak dipaksa
  •          Kebutuhan akan afiliasi
          Keinginan akan hubungan antar pribadi yang bersahabat dan erat

Teori Penentuan Sasaran
        Teori ini berpandangan bahwa orang termotivasi kalau mereka bertingkah laku dalam cara yang menggerakkan mereka ke sasaran tertentu yang jelas, yang mereka terima dan terdapat harapan cukup besar untuk dicapai.
Teori Penguatan
    •         Teori ini mengatakan bahwa perilaku adalah fungsi dari akibat, jadi perilaku ditimbulkan dari luar.
    •         Teori ini memusatkan perhatian pada apa yang terjadi pada seseorang ketika ia mengambil tindakan tertentu
Teori Kesetaraan
       Teori ini berpandangan bahwa individu akan termotivasi kalau mereka mengalami kepuasan dengan yang mereka terima dari upaya dalam proporsi dengan usaha yang mereka pergunakan

Teori Harapan
        Menurut teori ini orang memilih cara bertingkah laku dari antara alternatif serangkaian tindakan, berdasarkan harapan mereka akan apa yang akan diperoleh dari setiap tindakan
Perancangan Pekerjaan
  •          Adalah cara penggabungan tugas-tugas untuk membentuk pekerjaan yang lengkap.
  •         Cara manajer untuk merancang pekerjaan adalah melalui jangkauan pekerjaan dan pemekaran pekerjaan
  •         Jangkauan pekerjaan adalah jumlah tugas yang berbeda-beda yang diperlukan dalam pekerjaan tertentu dan frekuensi pengulangan tugas-tugas itu, sedangkan pemekaran pekerjaan adalah perluasan pekerjaan secara horizontal dengan meningkatkan jangkauan pekerjaan
PERSOALAN TERBARU DIBIDANG MOTIVASI
  • Memotivasi angkatan kerja yang beragam
        Dilakukan dengan jadwal kerja yang fleksibel dan telekomuniting atau pendekatan pekerjaan dimana para karyawan dapat bekerja dirumah dan terhubung dengan tempat kerja melalui teknologi
  • Program upah berdasarkan kinerja
         Rancangan kompensasi yang membayar para karyawan bedasarkan pengukuran kinerja
  • Manajemen buku terbuka
Pendekatan motivasi dimana laporan keuangan organisasi terbuka dan disampaikan kepada semua karyawan
  • Memotivasi angkatan kerja baru
Diolah dari berbagai sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar