Selasa, 13 Oktober 2020

Cara Uji F (Simultan) Regresi Linier Berganda

 Pada bagian ini akan dijelaskan secara terperinci cara melakukan uji F.

Uji F Bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh simultan /Bersama-sama/serentak yang diberikan semua variable X terhadap variable Y.

Analisis regresi linear berganda memerlukan pengujian secara serempak dengan menggunakan F hitung. Signifikansi ditentukan dengan membandingkan F hitung dengan F tabel atau melihat signifikansi pada output SPSS.

Dalam beberapa kasus dapat terjadi bahwa secara simultan (serempak) beberapa variabel mempunyai pengaruh yang signifikan, tetapi secara parsial tidak.

 Sebagai ilustrasi:

Seorang penjahat takut terhadap polisi yang membawa pistol (diasumsikan polisi dan pistol secara serempak membuat takut penjahat). Akan tetapi secara parsial, pistol tidak membuat takut seorang penjahat.

Contoh lain: air panas, kopi dan gula menimbulkan kenikmatan, tetapi secara parsial, kopi saja belum tentu menimbulkan kenikmatan.

Contoh Uji F Analisis Regresi Linier Berganda SPSS

Contoh ini sudah kita bahas pada artikel sebelumnya yaitu regresi linier berganda. Dalam artikel tersebut ingin diketahui apakah terdapat pengaruh antara disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja secara Bersama-sama atau simultan.

Judul : Pengaruh disiplin (X1) dan lingkungan kerja (X2) terhadap produktivitas kerja (Y)

CARA INPUT DATA SPSS lihat : Analisis Regresi Linier Berganda 

Output SPSS:

Rumusan Masalah

Apakah terdapat pengaruh antara disiplin dan lingkungan kerja terhadap produktivitas secara simultan?

Hipotesis

Ho : Tidak ada pengaruh antara disiplin dan lingkungan kerja terhadap produktivitas secara simultan.

Ha : Terdapat pengaruh antara disiplin dan lingkungan kerja terhadap produktivitas secara simultan.

Dasar Pengambilan Keputusan dalam uji F

Untuk melihat pengaruh secara simultan X1 dan X2 terhadap Y, dapat dilihat dengan menggunakan dua acara:

1.      Membandingkan nilai signifikansi (Sig.)

1)  Jika Sig > 0,05 maka Ho diterima. Artinya disiplin dan lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap produktivitas secara simultan.

2)     Jika Sig < 0,05 maka Ho ditolak. Artinya disiplin dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap produktivitas secara simultan. 

2.      Berdasarkan perbandingan nilai F hitung dengan F tabel

1)  Jika F hitung < F tabel maka Ho diterima. Artinya disiplin dan lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap produktivitas secara simultan.

2)  Jika F hitung > F tabel maka Ho ditolak. Artinya disiplin dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap produktivitas secara simultan.

Cara Melakukan dan Pengambilan Keputusan dalam uji F

Untuk melakukan uji F secara simultan dalam analisis regresi linier berganda maka perhatikan hasil dari tabel output ANOVA.

1.      Berdasarkan nilai signifikansi (Sig.) dari output Anova

Berdasarkan tabel output Anova diatas, dapat dilihat bahwa nilai Sig. sebesar 0,000. Jadi Sig. 0.000 < 0,05. Berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan disiplin (X1) dan lingkungan kerja (X2) berpengaruh terhadap produktivitas (Y) secara simultan. 

2.      Berdasarkan perbandingan nilai F Hitung dengan F tabel

Berdasarkan tabel di atas, dapat dilihat bahwa nilai F hitung sebesar 163,924. Jadi nilai F hitung 163,924 > F tabel. Diketahui F tabel adalah 4,10. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa disiplin (X1) dan lingkungan kerja (X2) berpengaruh terhadap produktivitas (Y) secara simultan atau secara Bersama-sama.

Demikian pembahasan mengenai cara mengetahui terdapat pengaruh simultan variable independent terhadap variable dependen. Selanjutnya akan mencari berapa % pengaruh yang diberikan kedua varibel tersebut secara simultan (Koefisien Determinasi) dan juga pengaruh kedua variable secara parsial (uji t).

Tutorial Praktis Melakukan Uji t Analisis Regresi Linier Berganda

Cara mengetahui nilai koefisien determinasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar