Rabu, 11 Desember 2019

Asal Kata OKEY




Dalam percakapan sehari-hari kita sering mendengar dan bahkan mengucapkan kata OKE.  Akan tetapi tahu kah kita dari mana kata OK berasal. Kenapa kata OK bisa menjadi begitu populer. Barangkali ada yang ingin tahu kenapa, atau minimal kita tau sejarah timbulnya kata ini. 

Hasil gambar untuk oke
gambar ilustrasi (www.inilahteknologi.com)

Menurut wikipedia arti kata Oke adalah kata untuk menyatakan setuju. Kata ini berasal dari ragam cakapan bahasa Inggris okay (juga dieja OKO.K.) yang menunjukkan persetujuan, penerimaan, permufakatan, pembenaran, atau pengakuan. Okay diterima sebagai kata serapan dalam berbagai bahasa di dunia.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang asal muasal kata OK.

1. ‘OK’ sebagai singkatan dari O (zero) Killed. digunakan Tentara Amerika . Zero Killed berarti tidak satupun prajurit yang tewas dalam misi itu.

2. ‘OK’ berasal dari kata dalam bahasa asli Indian okeh. Tidak ada keterangan apa pun tentang arti kata okeh ini.

3. ‘OK’ sebagai singkatan dari Oberst Kommandant (istilah orang Jerman) dan digunakan oleh Baron Von Steuben, seorang Jenderal Amerika dalam Perang Revolusi.

4. ‘OK’ berasal dari nama Perancis untuk pelabuhan di Haiti, Aux Cayes, yang terkenal dengan produksi rum.

5. ‘OK’ sebagai singkatan dari Orrin Kendall, nama merek krackers (biskuit asin) yang dikirim sebagai suplai makanan bagi tentara Amerika selama Perang Sipil.

6. ‘OK’ berasal dari istilah telegram era 1860-an untuk Open Key. Ini sejenis kunci seperti yang ada pada papan kunci (keyboard) komputer modern.

7. ‘OK’ sebagai singkatan untuk oll korrect, kesalahan eja untuk all correct. Presiden AS Andrew Jackson seorang pengeja yang payah dan menuliskan OK dengan maksud menandai bahwa semua dokumen kenegaraan yang dibacanya berstatus all correct. Banyak etimolog mengatakan penjelasan inilah yang paling mendekati kebenaran.

Bagaimana menurut Anda? sudah OKE penjelasannya? 😊😊😊

Sumber: Wikipedia
               Unik.Us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar