Rabu, 11 Desember 2019

Middle Income Trap

Pernah dengar middle income trap?

Dalam bahasa indonesia diartikan jebakan pendapatan menengah. Bicara tentang kata jebakan berarti seperti sebuah tempat berbahaya yang tidak boleh kita masukk disana. konsekuensinya kita bisa terperangkap disana selamanya.  

Jebakan pendapatan kelas menengah adalah sebuah istilah ekonomi tentang keadaan suatu negara.

Hasil gambar untuk memutar


Lengkapnya adalah sebagai berikut;

Perangkap pendapatan menegah adalah suatu keadaan ketika suatu negara berhasill mencapai tingkat pendapatan menengah tetapi tidak dapat keluar dari tingkatan tersebut untuk menjadi negara maju.

Negara yang masuk kedalam perangkap pendapat menengah akan kehilangan keunggulan kompetitif mereka dalam mengekspor barang jadi karena gaji pekerja di negara tersebut terus meningkat. Pada saat yang sama, negara ini tidak mampu bersaing secara ekonomi dengan negara maju di pasar dengan nilai tambah yang tinggi.

Akibatnya, negara-negara yang baru saja terindustrialisasi (Afrika Selatan dan Brasil) belum keluar dari kompok pendatan menengah selama beberapa dasawarsa karena produk nasional bruto per kapita mereka tersangkut dalam kisaran $ 1.000 - 12.000. Negara-negara ini menghadapi masalah berupa investasi yang rendah. Pertumbuhan industri sekunder yang lambat, diversifikasi industri yang kurang dan kondisi lapangan kerja yang buruk.

Dibutuhkan strategi untuk menghindari perangkap pendapatan menengah, perlu mencari pasar baru untuk mempertahankan pertumbuhan ekspor. Peningkatan permintaan domestik juga merupakan strategi penting. Kelas menengah yang semakin membesar dapat menggunakan daya belinya untuk membeli produk-produk inovatif dengan kualitas tinggi dan membantu mendorong pertumbuhan.

Tantangan terbesar adalah untuk beralih dari pertumbuhan yang didorong oleh sumber daya alam dan bergantung pada tenaga kerja yang biaya yang murah menjadi pertumbuhan yang didasarkan pada produktivitas tinggi dan inovasi. Untuk mewujudkan hal ini, dibutuhkan investasi dalam infrastruktur dan pendidikan berkualitas tinggi yang mendorong kreativitas dan terobossan dalam bidang sains dan teknologi.

bagaimana dengan Indonesia? 

apakah berada dalam perangkap ini? 

sumber: wikipedia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar