Sabtu, 07 Desember 2019

Bagaimana mulai menulis artikel

Menulis itu bukanlah ha yang gampang untuk dilakukan. Bagi sebagian orang menulis itu mudah dan menyenangkan namun untuk kebanyakan orang yang belum terbiasa untuk menulis, maka ini merupakan  perkara yang membuat kita stres. 

Menulis membutuhkan fokus dan tentu saja membutuhkan waktu untuk diluangkan supaya kita mampu berkonsentrasi dalam membuat sebuah karya tulis.

Menulis pada dasarnya membutuhkan niat yang besar. Niat ini terkadang timbul dari adanya sebuah tuntutan atau keharusan yang suka tidak suka musti dilakukan karena misalnya kita seorang mahasiswa. Mahasiswa dituntut untuk bisa menulis sebuah karya ilmiah entah dalam bentuk tugas atau skripsi.

Menurut wikipedia “menulis adalah kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara.” Media tulisan yang digunakan dalam menulis bisa menggunakan kertas ataupun media elektronik. Pada dasarnya menulis adalah menyalin apa yang ada dalam isi kepala kita kedalam media tulis.

Adapun langkah yang dapat diterapkan untuk mulai menulis

10 LANGKAH-LANGKAH DALAM MENULIS
  1. Tema. Tentukan tema apa yang akan kita tulis. Tema sebaiknya jelas dan spesifik.
  2.  Data. Lakukan riset mengenai tema yang akan kita buat, kumpulkan data dan referensi seputar tema. Data dan referensi sebagai penunjang tulisan kita supaya lebih punya bobot, bisa diambil dari mana saja. Sebaikanya yang uptudate (5 tahun terakhir)
  3. Judul. Tentukan judul artikel kita. Biasanya sesuai dengan tema.
  4. Ide pokok. Rumuskan idepokok atau pokok bahasan atau masalah.
  5. Jadikan setiap pokok bahasan menjadi idepokok setiap paragraf.
  6. Urutkan.  Urutkan subide kita  dari yang umum ke hal yang khusus (deduktif) atau dari yang khusus ke yang umum (induktif). Atau bisa urutkan berdasarkan waktu; pagi-siang-malam, urutan tahun, urutan tempat, atau berdasarkan urutan kepentingan; dari yang penting ke yang kurang penting atau sebaliknya.
  7. Elaborasi. Kembangkan sebuah idepokok  menjadi suatu paragraf yang luas. Satu ide pokok bisa dikembangkan setidaknya 3 paragraf.
  8. Kembangkan sebuah paragraf dengan bebarapa kalimat. Minimal tiga kalimat.
  9. Kesimpulan. Akhiri tulisan dengan paragraf yang menyimpulkan.
  10. Stop plagiarisme. Cantumkan sumber referensi  yang kalimatnya kita kutib. Saran penting lain supaya terhindar dari plagiarisme maka sebaiknya ubah cara penulisan sumber yang dikutip dengan menggunakan bahasa sendiri, intinya baku dan bisa dimengerti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar